Komnasham: Jokowi Langgar HAM

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melanggar HAM terkait penggusuran di Pluit Jakarta Barat.

Komisioner Komnasham, Siane Indriani menegaskan adanya pelanggaran HAM yang dilakukan Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur Jokowi di Taman Burung, Pluit, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang sangat jelas menunjukkan adanya pelanggaran HAM. Pertama, upaya penggusuran diawali pada waktu subuh dengan melakukan penyisiran di rumah warga.

“Saat merangsek ke rumah warga, petugas berdalih ada penjahat di lingkungan warga, dan dilakukan penyisiran. Warga menanyakan surat perintah, petugas dari Kepolisian itu justru menyangkalnya dan menyatakan tidak perlu ada surat perintah,” kata Siane Indriani di lokasi penggusuran, Minggu (15/12/2013).

Siane menjelaskan, cara petugas menggusur warga telah melanggar HAM. Warga belum siap dan dilakukan dengan cara berbohong. Sehingga, penggusuran dilakukan.

“Ini ada pelanggaran HAM. Karena awal penggusuran dilakukan subuh dan petugas mengakunya ada kejahatan, dan dilakukan dengan cara represif,” lanjutnya.

Kemudian, setelah melakukan penyisiran di pagi hari, siangnya tiba-tiba dilakukan penggusuran di lokasi tersebut.

“Tidak boleh ada penggusuran sebelum ada dialog yang menemukan kesepakatan, dan pengganti rugi kepada warga korban gusur,” tuturnya.

Saat ini tercatat ada 266 KK yang menjadi korban setelah 397 bangunan berhasil digusur oleh Pemprov DKI Jakarta pada Kamis 12 Desember 2013.

Tanah yang digusur ini diklaim milik PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang juga merupakan BUMD. Penggusuran sendiri disebut-sebut untuk merevitalisasi kawasan terbuka hijau di sekitar Waduk Pluit.

Sekedar diketahui Komnasham kembali menemui warga Taman Burung, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Kunjungan dilakukan untuk mendengarkan keluhan warga yang menjadi korban penggusuran.

 

Sumber: bit.ly/1cMHwKb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s