Yahudi di Indonesia


“The Jews of Indonesia”

Penyebaran agama Yahudi di Indonesia tidak terlepas dari kolonialisme Belanda di negeri ini yang dimulai sejak abad ke-17. Pada umumnya mereka merupakan anggota militer Belanda, meskipun ada juga yang menempati pos-pos kolonialisme lain seperti staff pemerintahan, pendidikan, dsb. Orang-orang Yahudi ini tidak hanya berasal dari Belanda, di antaranya ada juga yang berasal dari Irak dan negara lainnya. Meletusnya Perang Dunia ke-2 (1939-1945), sebagian dari—sebagaimana mereka menyebutnya—“Yahudi-Indonesia” ini kini tinggal di Israel, yang bagi mereka memang merupakan “The Promised Land; Tanah yang DIjanjikan.”


“Berdarah Yahudi Bernafas Indonesia”

Tidak semua Yahudi di Indonesia meninggalkan negeri ini, terutama mereka yang merupakan keturunan atau berdarah campuran Indonesia-Belanda dan beberapa keturunan Portugis, masih banyak pula yang tinggal di negeri ini. Untuk mengkaburkan identitas, banyak diantaranya kemudian berganti agama menjadi Kristen, bahkan beberapa diantaranya ada juga yang masuk Islam untuk sementara waktu, sambil masih memelihara peribadatan Yahudi dan cita-cita kembali ke “Tanah yang dijanjikan”.


“Indonesia’s Jewish Micro-Minority”

Menorah di Manado Foto: Ed Wray for The New York Times

Komunitas Yahudi di Indonesia tersebar di banyak kota, tetapi Manado Sulawesi Utara tampaknya menjadi “surga” para penganut Yahudi di negeri ini, dimana mereka bisa menampakkan identitas diri dan beribadat secara terbuka tanpa harus merasa takut terhadap sikap yang mereka sebut dengan “anti-semitisme”—istilah yang rupanya mereka tujukan untuk sikap anti kolonialisme Yahudi Israel di Palestina—yang memang cukup kental pada mayoritas muslim Indonesia. Di Manado, kita bahkan bisa mendapati menorah setinggi 62 kaki menaungi kota ini, menorah yang mungkin terbesar dan tertinggi di dunia ini dibangun dari biaya pemerintah daerah setempat. Komunitas Yahudi juga bisa menghirup udara segar di kota ini karena mayoritas Kristen di kota ini pro-Barat dan Zionis.


“Kontroversi Perayaan HUT Israel di Indonesia”

Sikap pro-Zionisme Israel inilah yang tidak bisa ditutup-tutupi Yahudi di Indonesia. Meski sebagian besar masih menutupi identitas dan peribadatan mereka, tetapi dukungan terhadap Zionisme dan Kolonialisme Israel tetap ditunjukkan secara terbuka. IIPAC, sebuah organisasi lobi Zionis di negeri ini bahkan telah beberapa kali mengadakan peringatan ulang tahun kolonialisme Israel di negeri ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s