Konspirasi 9/11: Fakta atau Fiksi?

The 9/11 Conspiracies: Fact or FictionFilm dokumenter berikut ini menganalisa teori-teori ekstrim yang membayangi peristiwa 9/11. Para ahli teknik, intelejen dan militer mengamati teori-teori konspirasi tersebut. Sebagian besar berdasarkan terobosan yang diekspos oleh  Popular Mechanics. Diproduksi oleh NBC News Productions.

Ketika Penerbangan 11 (Flight 11) menabrak menara utara. Tidak ada yang percaya serangan sederhana semacam itu bisa sangat efektif.

Keraguan dengan cepat memberi jalan bagi teori-teori konspirasi. Gagasan-gagasan ini menemukan lahan subur di Internet, sehingga hari ini banyak diantaranya, melalui kekuatan pengulangan yang nyaris tanpa henti, hampir mendapatkan status sebagai kebenaran.

“The 9/11 Conspiracies: Fact or Fiction” meneliti secara mendalam sebagian teori yang paling sering digunakan: bahwa gedung World Trade Center diruntuhkan dengan penghancuran terkendali; yaitu misil, bukan pesawat terbang komersial, begitu pula dengan serangan atas gedung Pentagon; dan bahwa pemerintah AS merancang serangan ini untuk menciptakan perang di Timur Tengah.

Setiap argumen konspirasi ditanggapi banyak ahli baik teknik, intelejen maupun militer. Dokumentasi ini juga menyelami anatomi konspirasi semacam itu dan bagaimana teori-teori ini berkembang di internet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s