Yahudi Indonesia Dukung ARB jadi Capres?

“Grup Yahudi sudah lama bekerjasama dalam investasi bisnis dengan ARB melalui Bakrie Grup,”

Ujar Benjamin Kethang, Direktur Eksekutif IIPAC (Indonesia-Israel Public Affairs Committe), dalam perbincangan dengan inilah.com di Jakarta, Kamis (31/10/2013) ketika ditanya mengenai dukungan politiknya kepada Aburizal Bakrie dalam Pemilu Presiden 2014 mendatang.

Secara sepintas memang cukup beralasan jika IIPAC mendukung Bakrie pada pilpres 2014, karena Bakrie Group mungkin dianggap sebagai salah satu perusahaan yang secara terbuka membangun kerjasama dengan keluarga Rothschild. Keluarga Yahudi Ashkenazi yang menguasai perusahaan perbankan investasi multinasional yang bergerak di 40 negara selama lebih dari dua abad.

Kerjasama antara Grup Bakrie dengan Grup Rothschild yang berbasis di Inggris ini terutama tampak pada saat keduanya mendirikan Bumi Plc., perusahaan tambang batubara yang sahamnya juga dimiliki oleh Borneo Lumbung Energi & Metal milik Samin Tan (23.8 persen), Hary Tanoesoedibjo (1.7 persen) dan Hashim Djojohadikusomo, adik Prabowo Subiyanto yang juga mencalonkan sebagai presiden 2014 mendatang.

Namun di sisi lain, dukungan ini jadi terlihat janggal, mengingat sebagian besar calon pemilih Indonesia adalah Muslim, sehingga dukungan terang-terangan lembaga pro Zionis Israel seperti IIPAC sebagaimana diungkapkan Kethang justru akan menjadi kampanye negatif bagi calon bersangkutan. Terlebih, dukungan ini justru dinyatakan pada saat hubungan antara Bakrie dengan Rothschild relatif memanas akibat sengketa kepemilikan saham Bakrie di Bumi Plc.

Benjamin Kethang sendiri sebelumnya dikabarkan berencana maju sebagai caleg DPR dari Partai Gerindra dalam Pemilu 2014 dari Daerah Pemilihan Jatim IV (Jember dan Lumajang), sementara di tahun 2004 mantan aktivis PMII ini menjadi konsultan independent untuk strategi kampanye dan media analisis Partai Demokrat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s